Kumpulan Materi Kebugaran Jasmani Kelas 11 Lengkap

.
.

Kumpulan Materi Kebugaran Jasmani Kelas 11 Lengkap


Kebugaran jasmani ? mungkin bagi anda yang pernah mendengar kata ini sudah tak asing lagi, beda dengan orang yang tak pernah mendengar kata kebugaran jasmani. memang materi penjaskes kelas xi kebugaran jasmani bisa di dapatkan di kelas 10 , kelas 11 bahkan di kelas 12 SMK atau SMA. Oke langsung saja simak di bawah ini.

Kumpulan Materi Kebugaran Jasmani Kelas 11 Lengkap


Kebugaran jasmani adalah kemampuan yang di perlukan seseorang  untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami  kelelahan yang berlebihan. Maksudnya, masih mempunyai tenaga cadangan dan sselalu bersemangat utnuk melakukan akutivitas lainya. Faktor yang mempengaruhi  kebugaran jasmani dan seseorang yaitu, makanan, kebiasaan hidup, aktivitas jasmani yang di lakukan, dan pola istirahat.


A.Bentuk Kebugaran Jasmani


1.Kelincahan
Kelincahan (agility) adalah kemampuan untuk mengubah arah atu posisi tubuh dengna cepat yang dilakukan bersama sama dng harus dengan gerakan lainya. Bagi pelajar sekaligus masyarakat, kelincahan merupakan komponen kebugaran jasmani yang harus dimiliki. Kelincahan bagi pelajar mnjadi ciri khas dalam bertindak. Kelincahan dapat di prioritaskan dalam latihan bagi masyarakat untuk melatih kebugaran jasmaninya. Kelincaha atau agility dapat di kembangkan melalui  kegiatan lari dan gerakan gerakan lain yang memiliki nilai aerobik.

contoh tes Kebugaran jasmani kelincahan


Biasanya orang orang melakukan latihan larii selama 40-60 menit dengna kecepatan yang berfariasi. Tujuan laatihan ini adalah meningkatkan kemampuan daya tahan aeorbik dan daya tahan otot. Artinya, pelaku di pacu untuk berlari dan bergerak dalam waktu lama dan tidak mengalami kelelahan yang berarti. Selanjutnya, proses latiha lari ini di tingkatkan kualitas frekuensi, intensitas, dan kecepatanya, yang akan berpengaruh pada terjadinya proses anaaerobik (stamina) seseorang artinya, orang tersebut mamu bergerak cepat dalm tempo lama dengan gerakan yang tetap konsisten dan harmonis. ini bisa menjadi cara melatih kebugaran jasmani.

Cara Pelaksanaanya sebagai berikut :
a.Buatlah gambar rute lari bomerang di lantai dengan menggunakan kapur.
b. Lakukan start pada garis start lari bomerang
c.Setelah melakukan start, berlarilah sesuai petunjuk gambar
d.Catat perolehan waktu yang di tempuh sampai kembali ke tempat semula.

2.Kecepatan

Contoh tes kebugaran jasmani kecepatan

Kecepatan (speed) adalah : kemampuan berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang sangat singkat. Kecepatan bersifat lokomotor dan gerakanya bersifat sikilik artinya, satu jenis gerak yang dilakukan berulang ualang seperti lari atau kecepatan gerak bagian tubuh seperti pukulan.

Aspek kecepatan dalam kesegaran jasmani sangat penting. Pemain harus bergerak dengna cepat untuk meutup setiwp sudut sudut lapangan sambil menjangkau sesuaatu dengan cepat. Demikian juga dengan aktvitas sehari hari harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Cara utnuk bergerak cepat adalah dengan melatih kecepatan beberapa anggota tubuh yang mendominasi gerakan. Aspek kecepatan dalam kesegaran jasmani juga bermakna seseoarng harus cekatan dalam mengubah arah gerak dengan tiba tiba tanpa kehilangan momen keseimbangan tubuh (agilitas)

Bentuk latihan untuk kecepatan : 
a.Lari zig-zag dengan cepat
b.Lari naik turun tangga
c.Lari bolak balik
d.Jongkok berdiri kemudian lari cepat.


B.Tes Kebugaran Jasmani

Tes kebugajaran jasmani sebenarnya sangat bermanfaat untuk tubuh kita, sehingga jika kita melakukan tes kebugaran jasmani. maka kita bisa tahu bahwa kondisi tubuh apakah sehat atau sedikit sakit bahkan mengalami penyakit yang kita tidak pernah mengerti.

Adapaun fungsinya yaitu :
a.Mengukur kemampuan siswa dalam hal kebugara jasmaninya
b.Menilai kemampuan fisik siswa
c.Mengetahui kondisi tubuh anda
d.Mengetahui kondisi kesehatan anda
e.Mengetahui kebugaran jasmani tubuh kita.

Contoh tes kebugaran jasmani yaitu :
a.Lari cepat 60 meter
b.Angkat tubuh 60 detik
c.Baring duduk 60 detik
d.Loncat tegak
e.Lari jarak jauh pria 1300 meter dan wanita 1000 meter.


Mungkin bagi anda yang ingin mengetahui kondisi tubuh anda, anda bisa menggunakan contoh" di atas. atau mungkin anda yang sedang mencari mengenai materi kebugaran jasmani kelas 11 semester 2 semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih.








.
.

Masukkan email untuk berlangganan artikel terbaru

0 Response to "Kumpulan Materi Kebugaran Jasmani Kelas 11 Lengkap"

Posting Komentar