.
.
KATA PENGANTAR
Pertama tama marilah
kita panjatkan puji syukur kehadirat allah swt, sehingga pada kesempatana ini
saya bisa memberikan postingan yang semoga bisa bermanfaat.
Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi di indonesia sangatlah cepat, contoh saja
anak kecil jaman sekarang sudah pada pegang hp. Atau mungkin yang masih sd atau
tk juga sudah punya. Nah dari situlah teknologi informasi dan komunikasi bisa
berkembang dengan cepat di indonesia .
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kehidupan masyarakat Indonesia sebelum mengenal
tulisan disebut juga dengan kehidupan masyarakat Indonesia Pra aksara, manusia
yang hidup pada zaman pra aksara belum mengenal tulisan, akibatnya generasi
selanjutnya serta para peneliti tidak mungkin mengharapkan adanya bukti bukti
tertulis mengenai kehidupan mereka, karena mereka hanya meninggalkan benda -
benda kebudayaan.
Presiden Soekarno pernah mengatakan , ”jangan
sekali kali meninggalkan sejarah, ini membuktikan pentingnya masa lalu atau
sejarah tidak hanya mengacu pada kehidupan berbangsa saja”, menurut ilmu psikologi masa lalu tidak bisa
dilupakan tetai harus diolah, dievaluasi yang hasilnya berupa
rekonsiliasi/perdamaian dengan diri sendiri, perdamaian dalam hidup
kelompok, masa lalu ialah kekayaan & pedoman yang sungguh berharga untuk
hidup pada masa kini & yang akan datang. Begitu juga dengan masa pra
aksara.
Sebagai generasi muda kita dituntut untuk
mengetahui lebih mendalam bagaimana perkembangan manusia pada masa pra aksara.
Hal ini bertujuan agar kita tidak hanya belajar begaimana berkompetisi untuk
masa depan tetapi juga bagaimana untuk mengolah kembali masa pra aksara dengan
berbagai teknologi yang telah ada pada masa itu.
Berdasarkan latar belakang itu, maka
penulis terdorong untuk membuat karya tulis ini yang mana membahas mengenai
perkembangan teknologi manusia purba pada masa pra aksara di Indonesia.
B.Rumusan Masalah
1.Bagimana perkembangan teknologi pada masa pra
aksara di Indonesia ?
2. Apa contoh dari perkembangan teknologi zaman pra
aksara di Indonesia ?
3. Dimanakah daerah di temukannya alat – alat
sebagai perkembangan teknologi manusia purba di Indonesia ?
C. Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan
masalah di atas, maka tujuan penulisan dari karya tulis ini, yaitu :
1. Mengetahui perkembangan teknologi pada masa pra
aksara di Indonesia.
2. Mengetahui contoh – contoh dari perkembangan
teknologi di Indonesia.
3. Mengetahui daerah ditemukannya alat – alat
sebagai perkembangan teknologi manusia purba di Indonesia.
D. Manfaat Penulisan
1. Untuk menambah pengetahuan kita sebagai siswa
mengenai perkembangan teknologi pada masa pra aksara.
2. Agar masyarakat juga mengetahui bagaimana
teknologi pada masa pra aksara.
3. Agar kita sebagai masyarakat dapat menjaga
dengan baik benda – benda dari masa pra aksara untuk kepentingan ilmu
pengetahuan.
E. Metode Penulisan
Penulisan ini bersifat deskriptif yang bertujuan
untuk menggambarkan suatu fenomena secara tepat terhadap sifat-sifat tertentu
suatu individu, keadaan, gejala atau kelompok tertentu atau menentukan
frekuensi hubungan tertentu antara gejala dengan gejala lain dalam masyarakat.
Penelitian ini juga dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan meneliti
berbagai pendapat yang berkaitan objek yang diteliti oleh penulis.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Masa Pra Aksara
Pra aksara atau nirleka (nir: tidak ada, leka: tulisan) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada masa di saat
catatan sejarah yang tertulis belum tersedia. Zaman pra aksara dapat dikatakan permulaan
terbentuknya alam semesta, namun umumnya digunakan
untuk mengacu kepada masa di saat kehidupan manusia di Bumi yang belum mengenal
tulisan.
Batas antara zaman pra aksara dengan zaman
aksara adalah mulai adanya tulisan. Hal ini menimbulkan suatu pengertian bahwa
pra aksara adalah zaman sebelum ditemukannya tulisan, sedangkan aksara adalah
zaman setelah adanya tulisan. Berakhirnya zaman pra aksara atau dimulainya
zaman aksara untuk setiap bangsa di dunia tidak sama tergantung dari peradaban
bangsa tersebut. Salah satu contoh yaitu bangsa Mesir sekitar tahun 4000 SM masyarakatnya sudah mengenal tulisan, sehingga pada
saat itu, bangsa Mesir sudah memasuki zaman aksara. Zaman pra aksara di
Indonesia diperkirakan berakhir pada masa berdirinya Kerajaan Kutai, sekitar abad ke-5;
dibuktikan dengan adanya prasasti yang berbentuk yupa yang ditemukan di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur baru memasuki era aksara.
Karena tidak terdapat peninggalan catatan
tertulis dari zaman prasejarah, keterangan mengenai zaman ini diperoleh melalui
bidang-bidang seperti paleontologi, astronomi, biologi, geologi,antropologi, arkeologi. Dalam artian bahwa bukti-bukti
pra aksara didapat dari artefak - artefak yang ditemukan di daerah penggalian
situs pra aksara.
B. Pengertian Teknologi
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk
menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan
hidup manusia. Penggunaan
teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi
alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam beperjalanan dan
mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di
antaranya mesin cetak, telepon, danInternet, telah memperkecil hambatan fisik
terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala
global. Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai;
pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah, dari pentungan sampai senjata nuklir.
C. Perkembangan Teknologi Masa Pra Aksara di
Indonesia
Perlu kamu ketahui bahwa sekalipun belum
mengenal tulisan manusia purba sudah mengembangkan kebudayaan dan teknologi.
Teknologi waktu itu bermula dari teknologi bebatuan yang digunakan sebagai alat
untuk memenuhi kebutuhan. Dalam praktiknya paralatan atau teknologi bebatuan
tersebut dapat berfungsi serba guna. Pada tahap paling awal alat yang digunakan
masih bersifat kebetulan dan seadanya serta bersifat trial dan eror. Mula –
mula mereka hanya menggunakan benda – benda dari alam terutama batu. Teknologi bebatuan
pada zaman ini berkembang dalam kurun waktu yang begitu panjang. Oleh karena
itu, pad ahli kemudian membagi kebudayaan zaman batu di era pra-aksara ini
menjadi beberapa zaman atau tahap perkembangan. Dalam buku R. Soekmono,
Pengantar sejarah kebudayaan Indonesia I, dijelaskan bahwa kebudayaan zaman
batu ini dibagi menjadi tiga, yaitu, Paleotikum, Mesolitikum, Neolitikum, dan
Megalitikum serta zaman logam yaitu perunggu dan besi
D. Zaman Batu
Zaman Batu terjadi sebelum logam dikenal. Zaman
batu menunjuk pada suatu periode di mana alat-alat kehidupan manusia
umumnya/dominan terbuat dari batu, walaupun ada juga alat-alat tertentu yang
terbuat dari kayu dan tulang. Zaman batu ini diperiodisasi lagi menjadi 4
zaman, antara lain:
1. Paleolitikum atau Zaman Batu Tua
Paleotikum adalah zaman prasejarah yang bermula
kira-kira 50.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Periode zaman ini adalah
antara tahun 50.000 SM - 10.000 SM.
Pada zaman ini, manusia Peking dan manusia Jawa
telah ada. Di Afrika, Eropa dan Asia, manusia Neanderthal telah hidup pada awal
tahun 50.000 SM, manakala pada tahun 20 000 SM, manusia Cro-magnon sudah
menguasai kebudayaan di Afrika Utara dan Eropa.
Beberapa perkembangan kebudayaan ditemukan di
sekitar Pacitan (ditemukan oleh Von Koenigswald) dan Ngandong. Pada zaman ini,
manusia hidup secara nomaden atau berpindah-randah dalam kumpulan kecil untuk mencari makanan. Mereka
mencari biji-bijian, umbi, serta dedaunan sebagai makanan. Mereka tidak
bercocok tanam. Mereka menggunakan batu, kayu dan tulang binatang untuk
membuat peralatan sehari-hari. Alat-alat ini juga digunakan untuk
mempertahankan diri dari musuh. Peninggalan yang ditemukan antara lain berupa
peralatan batu seperti flakes (alat penyerpih berfungsi misalnya untuk
mengupas, menguliti), chopper (kapak genggam/alat penetak), selain itu
terdapat pula peralatan dari tulang.
Kapak genggam banyak ditemukan di daerah Pacitan, biasa disebut Chopper
(alat penetak/pemotong). Dinamakan kapak genggam karena alat tersebut serupa
dengan kapak, tetapi tidak bertangkai dan cara menggunakannya dengan cara
menggenggam. Pembuatannya dengan cara memangkas salah satu sisi batu sampai
menajam dan sisi lainnya dibiarkan apa adanya sebagai tempat menggenggam.
Spesies manusia purba yang telah ada: Meganthropus Paleojavanicus,
Pithecanthropus Erectus (Pithecanthropus Mojokertensis, Pithecanthropus
Robustus)
2. Mesolitikum atau Zaman Batu Tengah
Mesolitikum atau Zaman Batu Madya (Bahasa Yunani: mesos "tengah", lithosbatu) adalah suatu periode dalam perkembangan
teknologi manusia, antara Paleolitik atau Zaman Batu Tua dan Neolitik atau Zaman Batu Muda.
Istilah ini diperkenalkan oleh John Lubbock dalam makalahnya "Zaman Prasejarah" (bahasa Inggris: Pre-historic Times) yang diterbitkan pada tahun 1865. Namun
istilah ini tidak terlalu sering digunakan sampai V. Gordon Childe mempopulerkannya dalam bukunyaThe Dawn of
Europe (1947).
Pada zaman mesolitikum di Indonesia, manusia
hidup tidak jauh berbeda dengan zaman paleolitikum, yaitu dengan berburu dan menangkap ikan, namun manusia pada masa itu
juga mulai mempunyai tempat tinggal agak tetap dan bercocok tanam secara
sederhana.[3] Tempat tinggal yang mereka pilih umumnya berlokasi di tepi pantai(kjokkenmoddinger) dan goa-goa (abris
sous roche) sehingga di lokasi-lokasi tersebut banyak ditemukan
berkas-berkas kebudayaan manusia pada zaman itu.
3. Neolitikum
Neolitikum atau Zaman Batu Muda adalah fase atau
tingkat kebudayaanpada zaman
pra aksara yang mempunyai ciri-ciri berupa unsur kebudayaan, seperti peralatan
dari batuyang diasah, pertanian menetap, peternakan, dan pembuatan tembikar.
4. Megalitikum
Megalitikum berasal
dari kata mega yang berarti besar, dan lithos yangberarti batu. Zaman
Megalitikum biasa disebut dengan zaman batu besar,karena pada zaman ini manusia
sudah dapat membuat dan meningkatkankebudayaan yang terbuat dan batu-batu
besar. kebudayaan ini berkembang dari zaman Neolitikum sampai zaman Perunggu.
Pada zaman ini manusia sudah mengenal kepercayaan. Walaupunkepercayaan mereka
masih dalam tingkat awal, yaitu kepercayaan terhadap roh nenek moyang,
Kepercayaan ini muncul karena pengetahuan manusia sudah mulai meningkat.
Menurut Von Heine Geldern, kebudayaan Megalithikum menyebar ke Indonesia melalui 2 gelombang yaitu :
Menurut Von Heine Geldern, kebudayaan Megalithikum menyebar ke Indonesia melalui 2 gelombang yaitu :
a) Megalith Tua menyebar ke Indonesia pada zaman
Neolithikum (2500-1500 SM) dibawa oleh pendukung Kebudayaan Kapak Persegi
(Proto Melayu). Contoh bangunan Megalithikum adalah menhir, punden
berundak-undak, Arca-arca Statis.
b) Megalith Muda menyebar ke Indonesia pada zaman
perunggu (1000-100 SM) dibawa oleh pendukung Kebudayaan Dongson (Deutro
Melayu). Contoh bangunan megalithnya adalah peti kubur batu, dolmen, waruga
Sarkofagus dan arca-arca dinamis.
Apa yang dinyatakan dalam uraian di atas, dibuktikan dengan adanya penemuan bangunan batu besar seperti kuburan batu pada zaman prasejarah, banyak ditemukan manik-manik, alat-alat perunggu dan besi. Hasil kebudayaan megalithikum biasanya tidak dikerjakan secara halus, tetapi hanya diratakan secara kasar dan terutama hanya untuk mendapatkan bentuk yang diperlukan.
Apa yang dinyatakan dalam uraian di atas, dibuktikan dengan adanya penemuan bangunan batu besar seperti kuburan batu pada zaman prasejarah, banyak ditemukan manik-manik, alat-alat perunggu dan besi. Hasil kebudayaan megalithikum biasanya tidak dikerjakan secara halus, tetapi hanya diratakan secara kasar dan terutama hanya untuk mendapatkan bentuk yang diperlukan.
Adapun beberapa hasil-hasil kebudayaan pada zaman megalitikum adalah sebagai berikut:
a) Menhir
Menhir adalah bangunan yang berupa tugu batu yang didirikan untuk upacara menghormati roh nenek moyang, sehingga bentuk menhir ada yang berdiri tunggal dan ada yang berkelompok serta ada pula yang dibuat bersama bangunan lain yaitu seperti punden berundak-undak. Lokasi tempat ditemukannya menhir di Indonesia adalah Pasemah (Sumatera Selatan), Sulawesi Tengah dan Kalimantan.
Menhir adalah bangunan yang berupa tugu batu yang didirikan untuk upacara menghormati roh nenek moyang, sehingga bentuk menhir ada yang berdiri tunggal dan ada yang berkelompok serta ada pula yang dibuat bersama bangunan lain yaitu seperti punden berundak-undak. Lokasi tempat ditemukannya menhir di Indonesia adalah Pasemah (Sumatera Selatan), Sulawesi Tengah dan Kalimantan.
b) Punden Berundak-undak
Punden berundak-undak adalah bangunan dari batu
yang bertingkat-tingkat dan fungsinya sebagai tempat pemujaan terhadap roh
nenek moyang yang telah meninggal.
Bangunan tersebut dianggap sebagai bangunan yang suci, dan lokasi tempat penemuannya adalah Lebak Sibedug/Banten Selatan dan Lereng Bukit Hyang di Jawa Timur.
Bangunan tersebut dianggap sebagai bangunan yang suci, dan lokasi tempat penemuannya adalah Lebak Sibedug/Banten Selatan dan Lereng Bukit Hyang di Jawa Timur.
c) Dolmen
Dolmen merupakan meja dari batu yang berfungsi sebagai tempat meletakkan saji-sajian untuk pemujaan. Adakalanya di bawah dolmen dipakai untuk meletakkan mayat, agar mayat tersebut tidak dapat dimakan oleh binatang buas maka kaki mejanya diperbanyak sampai mayat tertutup rapat oleh batu.
Dengan demikian dolmen yang berfungsi sebagai tempat menyimpan mayat disebut dengan kuburan batu. Lokasi penemuan dolmen antara lain Cupari Kuningan / Jawa Barat, Bondowoso / Jawa Timur, Merawan, Jember / Jatim, Pasemah / Sumatera, dan NTT.
Dolmen merupakan meja dari batu yang berfungsi sebagai tempat meletakkan saji-sajian untuk pemujaan. Adakalanya di bawah dolmen dipakai untuk meletakkan mayat, agar mayat tersebut tidak dapat dimakan oleh binatang buas maka kaki mejanya diperbanyak sampai mayat tertutup rapat oleh batu.
Dengan demikian dolmen yang berfungsi sebagai tempat menyimpan mayat disebut dengan kuburan batu. Lokasi penemuan dolmen antara lain Cupari Kuningan / Jawa Barat, Bondowoso / Jawa Timur, Merawan, Jember / Jatim, Pasemah / Sumatera, dan NTT.
d) Sarkofagus
Sarkofagus adalah
keranda batu atau peti mayat yang terbuat dari batu. Bentuknya menyerupai
lesung dari batu utuh yang diberi tutup. Dari Sarkofagus yang ditemukan umumnya
di dalamnya terdapat mayat dan bekal kubur berupa periuk, kapak persegi,
perhiasan dan benda-benda dari perunggu serta besi.
Daerah tempat ditemukannya sarkofagus adalah Bali. Menurut masyarakat Bali Sarkofagus memiliki kekuatan magis/gaib. Berdasarkan pendapat para ahli bahwa sarkofagus dikenal masyarakat Bali sejak zaman logam.
Daerah tempat ditemukannya sarkofagus adalah Bali. Menurut masyarakat Bali Sarkofagus memiliki kekuatan magis/gaib. Berdasarkan pendapat para ahli bahwa sarkofagus dikenal masyarakat Bali sejak zaman logam.
Di Indonesia,
beberapa etnik masih memiliki unsur-unsur megalitik yang dipertahankan hingga
sekarang.
a) Pasemah
Pasemah merupakan wilayah dari Propinsi Sumatera Selatan, berada di kaki Gunung Dempo. Tinggalan-tinggalan megalitik di wilayah ini tersebar sebanyak 19 situs, berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh Budi Wiyana (1996), dari Balai Arkeologi Palembang. Tinggalan megalitik Pasemah muncul dalam bentuk yang begitu unik, patung-patung dipahat dengan begitu dinamis dan monumental, yang mencirikan kebebasan sang seniman dalam memahat sehingga tinggalan [megalitik pasemah], disebut oleh ahli arkeologi sebagai Budaya Megalitik Pasemah.
Pasemah merupakan wilayah dari Propinsi Sumatera Selatan, berada di kaki Gunung Dempo. Tinggalan-tinggalan megalitik di wilayah ini tersebar sebanyak 19 situs, berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh Budi Wiyana (1996), dari Balai Arkeologi Palembang. Tinggalan megalitik Pasemah muncul dalam bentuk yang begitu unik, patung-patung dipahat dengan begitu dinamis dan monumental, yang mencirikan kebebasan sang seniman dalam memahat sehingga tinggalan [megalitik pasemah], disebut oleh ahli arkeologi sebagai Budaya Megalitik Pasemah.
b) Nias
Rangkaian kegiatan mendirikan batu besar (dolmen) untuk memperingati kematian seorang penting di Nias (awal abad ke-20). Etnik Nias masih menerapkan beberapa elemen megalitik dalam kehidupannya. Lompat batu dan kubur batu masih memperlihatkan elemen-elemen megalitik. Demikian pula ditemukan batu besar sebagai tempat untuk memecahkan perselisihan.
Rangkaian kegiatan mendirikan batu besar (dolmen) untuk memperingati kematian seorang penting di Nias (awal abad ke-20). Etnik Nias masih menerapkan beberapa elemen megalitik dalam kehidupannya. Lompat batu dan kubur batu masih memperlihatkan elemen-elemen megalitik. Demikian pula ditemukan batu besar sebagai tempat untuk memecahkan perselisihan.
c) Sumba
Etnik Sumba di Nusa Tenggara Timur juga masih kental menerapkan beberapa elemen megalitik dalam kegiatan sehari-hari. Kubur batu masih ditemukan di sejumlah perkampungan. Meja batu juga dipakai sebagai tempat pertemuan adat.
Etnik Sumba di Nusa Tenggara Timur juga masih kental menerapkan beberapa elemen megalitik dalam kegiatan sehari-hari. Kubur batu masih ditemukan di sejumlah perkampungan. Meja batu juga dipakai sebagai tempat pertemuan adat.
E. Zaman Logam
Di Eropa zaman logam ini mengalami 3 fase, zaman tembaga, perunggu, dan
besi. Sedangkan di Kepulauan Indonesia hanya mengalami zaman perunggu dan besi.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan
pembahasan pada Bab II mengenai perkembangan teknologi pada masa pra aksara di
Indonesia, kami dapat menyimpulkan :
1 - Perkembangan teknologi pada masa pra aksara di
Indonesia di bagi dalam 3 masa yaitu Peleotikum, Mesolitikum, Neolitikum,
Meegalitikum, dan zaman logam.
2 - Perkembangan teknologi/ kebudayaan dari ketiga
masa itu, yaitu kebudayaan pacitan, Kebudayaan Ngandong, kebudayaan
Kjokkenmoddinger, kebudayaan abris sous roche, mengenal api, kebudayaan kapak
peregi, kebudayaan kapak lonjong, perkembangan zaman logam, dan konsep ruang
pada hunia.
-Persebaran dari penemuan teknologi atau kebudayaan pada masa pra aksara yaitu Sumatera Selatan, Bali, Flores, Sulawesi Selatan, dan Timor, Nusa Tenggara, Halmahera, Bojonegoro dan Jawa Timur.
-Persebaran dari penemuan teknologi atau kebudayaan pada masa pra aksara yaitu Sumatera Selatan, Bali, Flores, Sulawesi Selatan, dan Timor, Nusa Tenggara, Halmahera, Bojonegoro dan Jawa Timur.
B.Saran
1.Karya tulis mengenai manusia purba ini masih
memiliki kekurangan. Namun ini adalah usaha belajar dari kelompok kami untuk
memahami dan mengenal sejarah kehidupan manusia yang ada di Indonesia. Karena
itu kami mohon kritik dan saran dari pembaca.
2. Agar sebagai generasi muda kami tidak melupakan
sejarah peradaban bangsa kita sendiri khususnya dalam mengenal dan memahami
kehidupan masa pra aksara ketika manusia purba hidup di Indonesia dan bagimana
perkembangan teknologi atau kebudayaannya.
Cukup sekian dari
saya, bila ada kata yang kurang benar mohon di ingatkan, karena manusia hidu
pasti ada kesalahann\. Wassalamualikum wr wb
.
.
0 Response to "MAKALAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI INDONESIA"
Posting Komentar