10 Pengaruh Media Sosial Terhadap Pendidikan Seorang Pelajar Dan Mahasiswa

.
.

10 Pengaruh Media Sosial Terhadap Pendidikan Seorang Pelajar Dan Mahasiswa

Media Sosial , ada yang tak kenal dengan dua kata itu ?? iya memang sudah tak asing lagi, media sosial sekarang banyak yang menggunakan , dari kalangan anak-anak , seorang pelajar ,guru dan masih banyak lagi yan mengggunakan media sosial. Sebenarnya media sosial juga ada pengaruhnya, terutama pengaruh media sosial terhadap pendidikan. banyak pelajar dan mahasiswa yang masih dalam pendidikan menggunakan media sosial dengan berlebihan dan tak kenal waktu,namun  ada juga yang menggunakan media sosial sewajarnya saja.

Pengaruh Media Sosial Terhadap Pendidikan

1.Pengertian Media Sosial 

Pengertian media sosial secara umum yaitu : Sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Pada media sosial jenis banyak penggunanya, dari anak-anak, reamaja, dewasa, dan orang tua. Sangking maraknya media sosial kita sering kehilangan waktu-waktu yang sebenarnya penting dengan asyk menggunakan media sosial. tak beda dengan orang yang menggunakan media sosial untuk bisnis atau mengerjaan tugas dll yang bermanfaat.

Banyak orang yang mengatakan media sosial itu banyak positifnya , itu adalah salah !! , Bagi saya hal positif dan negatif media sosil itu di cipatkan orang itu sendiri. seperti halnya jika anda selalu menggunakan media sosial untuk hal-jal yang tidak penting , itu banyak manfaatnya ? jawabanya tentu tidak. jadi bagi saya dampak positif media sosial dan dampak negatif media sosial itu tergantung orang yang menggunakan media sosial tersebut. 

Tapi pada kenyataanya banyak seorang anak yang sedang masa pendidikan menggunakan media sosial dengan hal hal yang tidak pentig, seperti main game online, atau yang terparah melakukan judi online. itu adalah hal yang paling berpengaruh media sosial dalam pendidikan.

2.Dampak Negatif Media Sosial Terhadap Pendidikan

Sebenarnya pengaruh media sosial terhadap pendidikan dari hal negatif itu banyak, namun pada kali ini saya akan menulis 5 dampak negatif media sosial terhadap pendidikan :

1. Membuat Kecanduan : media sosial memang bersifat seperti nikotin dan tar. dapat menyebabkan seseorang anak pendidikan bisa kecanduan.hal ini sangat berpengaruh dalam pendidikan.

2.Menjadi Malas : Setiap oarng pasti mempunyai rasa malas. namun ada penyebab yang membuat orang tersebut malas. seperti halnya media sosial, banyak anak yang sedang masa pendidikan menjadi malas karena lebh asyik menggunakan media sosial. ia lupa akan tugas seorang pelajar atau mahasiswa.

3.Kurangya Komunikasi Di Dunia Nyata : banyak oarng yang menggunakan media sosial untuk komunikasi. tapi sebagian besar 75% saya yakin banyak orang yang berkomunikasi lewat media sosial. karena zaman seraba canggih, untuk mengirim file atau data kita bisa menggunakan media sosial. namun hal ini dampak negatif yang besar.

4.Kurangya Sopan Santun : Rasa sopan santun seseorang akan bisa berubah, karena terlalu serign membaca bacaan yang si situ memang tidak mendidik untuk orang tersebut.

5.Waktu Menjadi Berkurang : Yang saya maksud disini yaitu, waktu aktivitas anda yang lain akan menjadi berkurang jika anda terlalu sering menggunakan media sosial. terutama bagi anak yang masih dalam pendidikan, ia akan lupa waktu belajar, sekolah dan bahkan bisa menyebabkan seorang pelajar atau mahasiswa putus sekolah gara-gara kecanduan media sosial. 

Mungkin sebagian dari anda ada yang merasakan dampak negatif seperti di atas yang sudah saya sebutkan. tapi sebenanrya itu memang fakta yang terjadi, jika anda ingin merubah pola hidup anda maka mulai sekarang jangan terlalu berlebihan menggunakan media sosial. terutama jika tidak ada hal penting atau tugas dari sekolah kantor maupun tugas umu.

3.Dampak Positif Media Sosial Terhadap Pendidikan

Setelah saya menulis dampak negatif media sosial, kali ini saya akan menulis juga 5 Dampak positif media sosial terhadap pendidikan, silahkan simak di bawah ini :

1.Menjadikan Orang Akrab : Sering kita melihat orang lain atau diri kita sendiri, kita terkadang malu untuk berkomunikasi lewat dunia nyata atau berkomunikasi langsung pada sesorang. nah dengan media sosial kita bisa memanfaatkan ini.

2.Bisa Untuk Bertukar Data Atau Informasi: Bagi seorang anak yang sedang pendidikan, pasti tak akan lupa dengan tugas atau materi yang sudah di terangkan oleh dosen. misal kita sedang sakit, kita bisa menanyakan tugas atua materi pada seorang teman lewat media sosial.

3.Sebagai Tempat Menghasilkan Uang : Jika anda termasuk ini, mungkin anda sudah merasakanya. banyak seoarng yang masih dalam pendidikan bisa menghasilkan uang dari media sosial. seperti halnya membuat blogger, atau bermain youtube dan masih banyak lagi media sosial yang dapat menghasilkan uang. Banyak seorarng yang sedamg pendidikan meringankan beban orang tua, ia membayar kuliah dengan uang mereka sendiri.

4.Untuk Mengerjaka Tugas : Tugas yangdi berikan oleh dosen atua guru berbeda beda, seperti halnya membuat makalah, mencari informasi yang berkaitan dengan mata pelajarng tersebut.

5.Lebih Termotivasi : Kita sering melihat orang-orang yang sukses di media sosial, nah bagi seorang yang pendidikan ia akantermotivasi untuk menjdi orang yang sukss juga. ia semakin giat dalam menjalankan pendidikanya, lebih giat dan rajin.

Mungkin itulah mengenai 10 Pengaruh Media Sosial Terhadap Pendidikan Seorang Pelajar Dan Mahasiswa. semoga yang saya tuliskan di atas bisa bermanfaat untuk kita semua.
Terima kasih.


Tag :
10 Pengaruh Media Sosial Terhadap Pendidikan Seorang Pelajar Dan Mahasiswa, pengaruh media sosial terhadap pendidikan, pengaruh media sosial terhadap siswa, pengaruh media sosial bagi masyarakat, pengaruh media sosial terhadap anak anak, pengaruh media sosial terhadap guru, pengaruh media sosial terhadap remaja, bahaya pengaruh media sosial, dampak negatif media sosial, pengertian media sosial, makalah media sosial. 






.
.

Masukkan email untuk berlangganan artikel terbaru

0 Response to "10 Pengaruh Media Sosial Terhadap Pendidikan Seorang Pelajar Dan Mahasiswa"

Posting Komentar