Sejarah Penetapan Hari Dokter Nasional Tanggal 24 Oktober

.
.

Sejarah Penetapan Hari Dokter Nasional Tanggal 24 Oktober

Hari dokter indonesia, dimana di hari itu sebagai rasa hormat kepada suluruh dokter yang sudah bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh keikhlasan. Untuk para dokter mungkin merawat orang sakit itu sebuah tanggung jawab yang besar , namun itulah memang tugasnya seorang dokter. Pada tahun 2017 ini 
Sejarah Penetapan Hari Dokter Nasional Tanggal 24 Oktober

Sebagai rasa hormat pada seluruh dokter, sehingga pemerintahan indonesia memberikan penghargaan dan menetapkan pada tanggal 24 Oktober sebagai Hari Dokter Nasional. Untuk sejarahnya bisa di baca di bawah ini >
Pada tahun 1926, Perkumpulan Vereniging van Indische Artsen berubah namanya menjadi Vereniging Van Indonesische Genesjkundigen (VGI).Kata “Artsen” memberi arti bahwa dokter juga memiliki jiwa seni,melakukan tindakan jangan membuat tubuh pasien terlihat buruk.
Prof.Bahder Djohan,perubahan nama ini berdasarkan rasa nasionalisme,dimana dokter pribumi dianggap sbg dokter kelas dua.Tahun 1940,VIG mengadakan kongres di Solo.Kongres menugaskan Prof. Bahder Djohan utk membina,& memikirkan istilah baru dlm dunia kedokteran.Tahun 1943,Dalam masa pendudukan Jepang, VIG dibubarkan dan diganti menjadi Jawa izi Hooko-Kai.
30 Juli 1950,PB Perthabin (Persatuan Thabib Indonesia) & DP-PDI (Perkumpulan Dokter Indonesia) menyelenggarakan rapat.Atas usul Dr.Seno Sastromidjojo dibentuklah panitia Muktamar Dokter Warganegara Indonesia (PMDWNI),yg diketuai Dr. Bahder Djohan.22-25 September 1950,Muktamar I Ikatan Dokter Indonesia (MIDI) digelar di Deca Park yg kmdn mjd gedung pertemuan Kotapraja Jakarta.Dalam muktamar IDI itu, Dr.Sarwomo prawirohardjo terpilih menjadi ketua umum IDI pertama.Sehingga pada tanggal 24 Oktober 1950 , Dr.Soeharto menghadap notaris untuk memperoleh dasar hukum berdirinya perkumpulan dokter dengan nama “Ikatan Dokter Indonesia” . 
Nama yang tercantum di akta IDI:Soeharto, Dr.Sarwomo Prawihardjo, Dr.R.Pringgadi, Dr.Puw Eng Liang, Dr.Tan Eng Tie, dan Dr. Hadrianus Sinaga. Maka sejak itu mulai di tetapkan sebagai hari lahirnya ikatan Dokter Indonesia (IDI). 
Aku pernah melihat tulisan di Rumah Sakit "Jika anda sakit dan setelah berobat ke dokter anda menjadi sembuh, maka bukanlah sokter yang menyembuhkan penyakit anda tapi Allah SWT yang menyembuhkan penyakit anda" Pada tulisan itu mungkin anda menjadi tahu, memang anda yang mengobati namun bukan berarti yang membuat sembuh orang tersebut anda. tapi allah swt yang membuat orang tersebut menjadi sembuh, dan anda sebagai perantara untuk orang tersebut berusaha untuk berobat.
Semoga dengan Sejarah Penetapan Hari Dokter Nasional Tanggal 24 Oktober dia atas, untuk anda yang menjadi seornag Dokter. anda bisa lebih semangat dan tulus dalam merawat seseoarng yang sakit dan membutuhkan pertolongan anda. 
Sekian dan terima kasih .........
Tag : Sejarah hari dokter sedunia, sejarah hari dokter nasional, sejarah hari dokter, makalah hari dokter nasional, Pengeretian hari dokter nasional 22 oktober.


.
.

Masukkan email untuk berlangganan artikel terbaru

0 Response to "Sejarah Penetapan Hari Dokter Nasional Tanggal 24 Oktober"

Posting Komentar