Sejarah Penetapan Hari Santri Nasional Tanggal 22 Oktober

.
.

Sejarah Penetapan Hari Santri Nasional Tanggal 22 Oktober

Mungkin bagi anak santri sudah mengetahui mengenai hari santri nasioan, namun jika ada yang kurang paham atau mengerti tentang hari santri nasioal maka kali ini saya akan membrikan sejarah mengenai hari santri nasional. Oke lagsung saja simak di bawah ini.

Sejarah Penetapan Hari Santri Nasional Tanggal 22 Oktober

Lihat juga mengeni hari santri nasional :




Hari Santri Nasional sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui Keppres nomor 22 tahun 2015.
Penetapan Hari Santri Nasional tanggal 22 oktober ini disambut baik oleh Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), PBNU menilai bahwa pemerintah sudah mengakui bahwa santri berperan besar dalam pergerakan perjuangan Indonesia untuk mencapai kemerdekaan.

“Kita mengapresiasi langkah tepat Presiden. Ini merupakan sebuah pengakuan negara terhadap 22 Oktober sebagai hari bersejarah terkait fatwa bela tanah air,” kata Sekjen PBNU H Helmy Faisal Zaini


tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional ?
Hal tersebut merujuk pada persitiwa bangsa indonesia meraih kemerdekaan dari penjajah, sehingga pada tanggal 22 Oktober tetap di tetapkan sebagai hari santri nasional dan itu sudah menjadi pedoman untuk anak santri nasional.
KH.Hasyim Asy’ari sebgai ulama nu pernah menyerukan jihad dengan mengatakan bahwa “ Membela tanah ait dari penjajah hukumnya fardlu’ain atau wajib bagi setiap individu dan yang mampu”

Nah pada hal tersebut maka tanggal 22 oktober di jadikan sebagai hari santri nasional..
Seruan tersebut menjadikan semangat para santri dan arek arek suroboyo untuk membakar markas Brigade 49 Mahratta pimpinan Brigadir Jendral Aulbertin Walter Sothern Mallaby.
Pada saat terjadi hal tersebut membuat Jendral Mallaby tewas dalam pertempuran berlangsung 3 hari berturut-turut tanggal 27, 28, 29 oktober 1945. Ada kurang lebih 2000 pasukan inggris yang tewas pada saat pertempurang itu.

Hal tersebut membuat marah  angkatan kolonial inggris , dan akhirnya peristiwa ii berujung pada tanggal 10 November 1945. 

Nah itulah mengenai sejarah hari santri nasional 22 Oktober 2017. semoga dengan anda membaca sejarah membuat anda lebih giat mencari ilmu dan bisa menjadi santri yang bermanfaat di dunia dan di akhirat. sekian dan terima kasih ..........




.
.

Masukkan email untuk berlangganan artikel terbaru

0 Response to "Sejarah Penetapan Hari Santri Nasional Tanggal 22 Oktober"

Posting Komentar