Materi Pengertian Jaringan Komputer Dan Macam-Macam Jaringan Komputer Lengkap

.
.

Materi Pengertian Jaringan Komputer Dan Macam-Macam Jaringan Komputer Lengkap


Materi Pengertian Jaringan Komputer Dan Macam-Macam Jaringan Komputer Lengkap

Sejarah Jaringan Komputer Dan Macam-Macam Jaringan Komputer
Materi ini di tujukan untuk anak SMK kelas XII , mungkin bagi anda yang sedang mencari mengenai pengertian jaringan komputer, macam-macam jaringan komputer dan manfaat jaringan komputer. artikel ini bisa membantu anda dalam mencari materi ini. Bagi anda yang mencari materi ini hanya unutk wawasan juga tidak apa-apa, silahkan lanjutkan membaca samapai selesai.

1.Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Sebenarnya banyak yang mengartikan jaringan komputer bervariasi dan berbeda-beda, namun intinya tetap sama yaitu untuk komunikasi dan tukar dan berbagai data atau file.

2.Macam-Macam Jaringan Komputer

Macam jaringan komputer terdiri dari  5 kategori, yaitu : berdasarkan jangkauan geografis, pada distribusi sumber informasi/ data, media transmisi data, peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, dan berdasarkan jenis topologi yang digunakan. Silahkan bisa di lihat macam-macam jaringan komputer di bawah ini secara detail dan terpirinci :

5 Macam Jaringan Komputer : 

A.Berdasarkan Jangkauan Geografis


1.LAN : Yaitu,  LAN kepanjangan dari Local Area Network, jaringan ini biasanya cuman mencakup wilayah yang ukuranya kecil seperti ruangan kelas, ruang tamu, kantor warnet dll. Untuk jarak jaringna LAN tidaklah jauh. Biasanya paling 1 KM persegi, jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. Selain menggunakan teknologi Ethernet, tak sedikit juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN. Mencakup wilayah kecil saja intinya.

2.MAN : Yaitu singkatan dari Metropolitan Area Network atau MAN merupakan jaringan yang mencakup wilayah yang hampir luas, biasanya jaringan ini mencakup seperti perkotaan dan kota-kota besar. Setiap suuatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Bisa dibilang, jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangakauan dari jaringan MAN berkisar antara 10 sampai dengan 50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple. Intinya jaringan ini mencakup wilayah perkotaan dan kota-kota besar.

3. WAN, Singkatan dari Wide Area Network . WAN adalah jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang sangat luas, seperti sebuah negara dengan negara lain atau bahkan bisa mencakup seluruh benua. WAN sendiri umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang berbebeda. seperti sosial media dan lain sebagainya.

B. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data 


Berdasarkan distribusi sumber informasi, jaringan komputer di bagi menjadi dua yaitu jaringan terpusat dan jaringan Terdistribusi untuk detailnya di lihat di bawah ini :

1.Jaringan Terpusat, yaitu : Jaringan terpusat di sebut juga dengan jaringan yang terdiri dari 2 komputer yaitu, komputer client dan komputer server.

2.Jaringan Terdistribusi, adalah : Gabungan dari berapa jaringan terpusat dan jaringan lainya, sehingga komputer client dan server bisa terhubung dan membentuk suatu sistem jaringan komputer.

C.Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan 

Berdasarkan data yang di gunakan , jaringan komputer terbagi menjadi du yaitu :
1.Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
2.Jaringan Berkabel (Wired Network)

D. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data

1.Client Server, yaituSembarang sistem atau proses yg melakukan sesuatu permintaan data atau layanan ke server.Mempunyai kemampuan untuk melakukan proses sendiri. Sistem ini lebih cocok jika disebut dengan sistem pelayanan antara customer (client) dengan customer service (Server).
 
Kelemahan jaringan client server: 
Mempunyai satu titik lemah jika menggunakan satu server, data user menjadi tak ada jika server mati. 
-Biaya operasional relatif lebih mahal dan aplikasi harus ditulis sebagai dua komponen perangkat lunak terpisah yang berjalan pada mesin yang terpisah
-Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.

2.Peer To Peer, yaitu : Salah satu model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau beberapa komputer, dimana setiap station atau komputer yang terdapat di dalam lingkungan jaringan tersebut bisa saling berbagijaringan peer to peer akan lebih tepat di gunakan pada lingkungan yang biasah di gunakan untuk jaringan komputer seperti di rumah dan kantoran.
 
Kekurangan jaringan peer to peer :
-Tidak cocok digunakan untuk jaringan dalam skala besar, karena administrasi menjadi tidak terkontrol.
-Tiap user harus dilatih untuk menjalankan tugas administratif agar dapat mengamankan komputernya masing-masing.
-Tingkat keamanannya rendah.
-Semakin banyak yang dishare, akan mempengaruhi kinerja komputer.

3.Manfaat Jaringan Komputer 
Disini saya akan memberikan mengenai 5 kelebihan dan kekurangan jaringan komputer , simak di bawah ini :

Kelebihan :
-Untuk bertukar data dan informasi
-Menyimpan data dan informasi
-Memudahkan dlam mengerjakan tugas
-Alat untuk mengetik 
-Sebagai sarana komunikasi

Mungkin itulah mengenai jaringan komputer dan macam macam jaringan komputer.
semoga yang saya tulis bisa bermanfaat untuk anda.
Terima kasih..




Tag : Kelebihan dan kekurangan jaringan komputer, macam macam jaringan komputer, janis jenis jaringan komputer, tujuan membuat jaringan komputer, cara membuat jaringan komputer, cara membangun sebuah jaringan komputer, manfaat dari jaringan komputer, kesalahan dalam menggunakan jaringan komputer, hal yang harus di perhatikan untuk membuat jaringan komputer, jaringan komputer yang ada di indonesia, sistem jaringan komputer yang terdapat di dunia, jaringan komputer yang menyangkut berbagai negara, sistem jaringan komputer di negara inggris, jaringan komputer yang paling sering di gunakan, salah satu cara menggunakan jaringan komputer, deskripsi tentang jaringan komputer, makalah tentang jaringan komputer, keuntungan dan kerugian menggunakan jaringan komputer, manfaat jaringan internet.





.
.

Masukkan email untuk berlangganan artikel terbaru

0 Response to "Materi Pengertian Jaringan Komputer Dan Macam-Macam Jaringan Komputer Lengkap"

Posting Komentar